Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dalam edisi online dan cetak. Berisi artikel bidang Ilmu Ekonomi baik hasil penelitian maupun rekayasa ide yang bersifat kuantitatif. Isi dan hasil penelitian dalam tulisan di jurnal ini sepenuhnya tanggung jawab para penulis.

 

Jurnal ini diterbitkan empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret (volume pertama), Juni (volume kedua), September (volume ketiga), dan Desember (volume keempat). Setiap volume ganjil akan terbit dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris, sedangkan setiap volume genap akan terbit hanya  dalam bahasa Inggris. Semua isi jurnal ini dapat dilihat dan diunduh secara cuma-cuma pada alamat website: http://qejournal.unimed.ac.id . Kami mengundang semua pihak untuk menulis pada jurnal ini. Paper dikirimkan dalam bentuk soft copy (file) ke: qejournal@gmail.com cc: imaipita@gmail.com .

 

 

KETENTUAN UMUM

1.     Naskah harus merupakan karya asli penulis (perorangan, kelompok atau institusi) yang tidak melanggar hak cipta.

2.     Naskah belum pernah dimuat atau diterbitkan dan tidak sedang dikirimkan ke penerbit lain pada waktu yang bersamaan.

3.     Hak cipta naskah yang diterbitkan besrta segala tanggungjawab isinya tetap pada penulis.

4.     Sangat dianjurkan untuk mengirimkan naskah dalam bentuk soft copy (file) ke alamat email: qejournal@gmail.com cc: imaipita@gmail.com

5.     Naskah dibatasi berkisar 15-17 halaman berukuran A4, spasi satu, huruf Arial dengan ukuran huruf 12.

6.     Persamaan matematis dan simbol, harap ditulis menggunakan Microsoft Equation.

7.     Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atu dalam Bahasa Inggris.

8.     Setiap naskah harus disertai Abstrak sekitar 150-250 kata. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris, beserta kata kuncinya.

9.     Judul tabel dan gambar ditulis sejajar gambar/tabel, dengan jarak 6 pt dari tabel atau gambarnya. Judul tabel diletakkan di atas tabel, sedangkan judul gambar diletakkan di bawah gambar. Penulisan sumber tabel atau gambar diletakkan di bawah tabel atau gambar  dengan huruf 10 pt).

Contoh:

Sumber: Nicholson, 2005

 

        Gambar 2.11. Keseimbangan di Sektor Produksi

 

Tabel 4.2.   Dampak Skenario Kebijakan

Rumahtangga

 

Perubahan

Simulasi 1_a

simulasi 1_b

simulasi 1_c

HUNPOOR

 

-0.3892

-1.2256

-2.4192

HUPOOR

 

-0.4024

-1.2694

-2.4618

HRNPOOR

 

-0.3640

-1.1587

-2.3256

HRPOOR

 

-0.3406

-1.0840

-2.1471

Sumber: Maipita dan Jantan (2010)

 

10.            Pengutipan bahan rujukan mengikuti aturan berikut:

      Penulisan tunggal (Maipita, 2010) atau Maipita (2010)

      Dua penulis (Maipita dan Jantan, 2011) atau Maipita dan Jantan (2011)

Penulis lebih dari dua orang : (Maipita  et al, 2011) atau Maipita  et al (2011)

Dua sumber kutipan dengan penulisan yang sama tetapi tahunnya berbeda (Chiang,1984;  Dowling. 1995)

Dua sumber kutipan dengan penulisan yang sama tetapi tahunnya berbeda (Friedman. 1972; 1978)

Dua kutipan dari seorang penulis tapi tahunnya sama (Maipita. 2010a, 2010b)

Kutipan dari instansi, sebaiknya dalam singkatan lembaga (BPS, 2001)

 

11.           Naskah harus disertai dengan biodata penulis, alamat institusi dan e-mail yang dapat dihubungi. Disarankan untuk menulis biodata dalam bentuk CV (curriculum vitae) pendek.

 

KETENTUAN KHUSUS

Struktur penulisan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut:

 

JUDUL ARTIKEL

Nama penulis pertama,

Institusi, alamat,

Telp., email:

Nama penulis kedua

Nama penulis seterusnya

Contoh:

MODEL ESTIMASI NILAI TAMBAH BRUTO SEKTOR PERTANIAN TERHADAP AKUMULASI INVESTASI

Mohd. Dan Jantan

Department of Economics, Universiti Utara Malaysia, Kedah, Malaysia

Te.: +604-928 3543, E-Mail: djantan@uum.edu.my

 

Abstract

Abstrak ditulis dalam bahasa inggris dengan banyak kata 150-250 kata.  Abstrak ditulis dalam satu paragraf, memuat secara singkat tujuan, metode penelitian dan hasil.

Keywords: (maksimum 5 kata kunci)

JEL Classification:

 

PENDAHULUAN

Bahagian ini memuat latar belakang penelitian secara singkat, tujuan, serta dukungan teori. Jika tidak sangat penting, bahagian ini tidak perlu menggunakan subjudul atau subbahagian.

METODE PENELITIAN

Uraikan metode penelitian yang digunakan secara ringkas dan jelas pada bahagian ini. Bahagian ini boleh memuat subbab atau subjudul namun tidak perlu menggunakan penomoran.

 

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bahagian ini merupakan bahagian terbanyak dari semua bahagian artikel, memuat data secara ringkas, analisis data, hasil penelitian dan pembahasan. Bahagian ini boleh saja memuat subbab tanpa penomoran.

 

 

SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan berisi hasil atau temuan penelitian secara ringkas dan padat. Sedangkan saran merupakan rekomendasi berdasarkan hasil kajian dan/atau saran penelitian lanjutan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka hanya memuat referensi yang benar-benar dirujuk dalam artikel yang ditulis. Tidak dibenarkan mencantumkan referensi yang tidak dirujuk dalam tulisan ke bahagian ini.

Beberapa ketentuan khusus dari penulisan daftar pustaka adalah:

1.       Daftar pustaka diurutkan berdasarkan abjad (ascending).

2.       Penulisan nama penulis mengikuti bentuk: nama belakang, nama depan.

3.       Sistematika penulisan untuk buku: nama penulis. tahun publikasi. Judul Buku. Penerbit, kota. Contoh :

4.       Maipita, Indra. 2010. Metode Penelitian Ekonomi Kuantitatif. Madinatera, Medan.

5.       Sistematika penulisan untuk jurnal: nama penulis. tahun publikasi. Judul Tulisan.  nama jurnal.  Volume, nomor (halaman).  Contoh:

6.       Maipita, Indra., Dan Jantan, Noor Azam. The Impact of Fiscal policy Toward Economic Performance and Poverty Rate in Indonesia. Bulletin of Monetary Economics and Banking Vol 12, Number 4, April 2010 (391-424).

7.       Sistematika penulisan untuk skripsi/tesis/disertasi: Nama penulis. tahun. Judul. Skripsi/Tesis/Disertasi. Universitas.  Contoh:

8.       Maipita, Indra. 2011. The Analysis of Fiscal Adjustment Impact on Income Distribution and Poverty in Indonesia: Computable General Equilibrium Approach. Dissertation. Universiti Utara Malaysia.

9.       Sistematika penulisan untuk artikel dari internet: nama penulis. tahun. Judul tulisan. Diakses dari alamat website pada tanggal bulan tahun. Contoh:

10.  Friedman, J. (2002). How responsive is Poverty to Growth?: A Regional Analysis of Poverty, Inequality, and Growth in Indonesia, 1984-1999. Retrieved from www.ciaonet.org/wps/frj02/ on January 19, 2009

11.  Sistematika penulisan untuk artikel dalam koran/majalah: nama penulis. tanggal, bulan dan tahun publikasi. Judul tulisan. Nama koran. Penerbit, kota.