QE Journal

QEJ Vol. 01, No. 01, March 2012 


Pengantar Editorial

Edisi pertama ini berisi empat artikel dari penulis yang berbeda. Sebagaimana aturan dalam jurnal ini bahwa keempat artikel tersebut diolah dan disajikan secara kuantitatif. Artikel pertama membahas tentang dampak dari keberadaan pasar modern yang belakangan ini tumbuh dengan subur merambah ke berbagai pelosok daerah, terhadap kinerja ekonomi regional. Pasar modern yang telah banyak menggusur pasar tradisional berkontribusi positif terhadap kinerja ekonomi regional atau malah sebaliknya karena ia telah menggusur keberadaan pasar tradisional akan dibahas dalam artikel ini.

Pasar, suatu wadah pertemuan dan transaksi pembeli dan penjual merupakan merupakan hal penting dalam perekonomian. Oleh karenanya pasar harus bersifat stabil. Bagaimana pasar yang stabil secara matematis akan dibahas dalam artikel yang kedua.

Artikel ketiga akan membahas tentang pengaruh Produk Domestik Bruto dan Suku Bunga Bank Indonesia terhadap penerimaan pajak di Indonesia. Artikel ini  didasari atas fakta bahwa penerimaan negara masih didominasi oleh penerimaan dari pajak, sedangkan struktur penerimaan pajak masih didominasi oleh kontribusi produk domestic bruto dan tingkat suku bunga.

Artikel keempat membahas tentang pilihan teknologi alternativ untuk pengelolaan sampah di perkotaan. Bahwa sampah telah menjadi masalah klasik yang terus menjadi perhatian serius banyak kalangan, bukan hanya dampaknya tetapi juga produksinya dan pengelolaan serta pemanfaatannya. Produksinya yang terus meningkat (bahkan sering hampir tak terkendali) memaksa untuk dilakukannya pengelolaan yang optimal. Berbagai jenis teknologi dan biaya dapat diterapkan sesuai dengan karakteristik daerahnya. Seperti apa teknologinya serta teknologi mana yang menjadi pilihan alternativ dari sisi ekonomi untuk kawasan perkotaan akan dibahas lebih dalam pada artikel ini.

Semoga artikel ini dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas keilmuan dan semoga jurnal ini berperan membantu penyebaran dan perluasan ilmu pengetahuan serta hasil-hasil penelitian atau pemikiran para akademisi ataupun praktisi yang menjadi kontributor.

Salam Kemajuan,

Editor in Chief

 

Indra Maipita

 


DAFTAR ISI

Dampak Keberadaan Pasar Modren Terhadap Kinerja Ekonomi Regional

QE Journal article   Rasidin Karo-Karo Sitepu

 

Model Matematika Kestabian Pasar

QE Journal article   Dede Ruslan

 

Pengaruh Produk Domestik Bruto dan SBI Terhadap Penerimaan Pajak di Indonesia

QE Journal article   Rahmanta 

 

Valuasi Ekonomi Alternatif Teknologi Pengelolaan Sampah Perkotaan

QE Journal article   Haikal Rahman  

 


QE Journal article   FULL ARTICLE

March 1, 2012
© DRH2R - QE JOURNAL UNIMED 2015
Translate »