QE Journal

QEJ Vol. 01, No. 02, June 2012  


Pengantar Editorial

Edisi kali ini berisi tentang kajian kebijakan fiskal dan moneter. Kebijakan fiskal berkaitan dengan pengeluaran pemerintah dan dampaknya terhadap kinerja ekonomi makro. Kajian ini merupakan simulasi menggunakan CGE, dimana shock pengeluaran pemerintah dilakukan terhadap sektor Konstruksi; Listrik , Gas dan Air Minum, serta ke sektor Transportasi Darat. Pemilihan sektor ini dilakukan sesuai dengan arah pembangunan prioritas yang tertuang pada MP3EI.

Artikel berikutnya membahas seputar kebijakan moneter, yaitu jalur ekspektasi inflasi, mekanisme transmisi kebijakan fiskan, inflasi di Sumatera Utara, serta tetang analisis neraca perdagangan Indonesia.

Dari sisi pendekatan dan model analisis yang digunakan, artikel pertama tetnang simulasi pengeluaran pemerintah, menggunakan model Computable General Equilibrium (CGE), sedangkan artikel ke dua dank e empat menggunakan model Vector Autorecression (VAR), dan terakhir artikel ke tiga menggunakan Error Correction Model (ECM).

Semoga artikel ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas keilmuan dan semoga jurnal ini juga dpat berperan membantu dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan, yang bersumber dari hasil-hasil penelitian ataupun pemikiran para akademisi, praktisi dan contributor lainnya.

Salam Kemajuan,

Editor in Chief

 

Indra Maipita

 

 


DAFTAR ISI

Simulasi Pengeluaran Pemerintah dan Dampaknya terhadap Kinerja Ekonomi Makro: Suatu Model Computable General Equilibrium

QE Journal article   Indra Maipita

 

Analisis Efektivitas Jalur Ekspektasi Inflasi dalam Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesa: Pendekatan Vector Autoregressive (VAR)

QE Journal article   Nurita Hutagalung

 

Analisis Inflasi di Sumatera Utara: Suatu Model Error Correction (ECM)

QE Journal article   Hafsyah Aprillia

 

Analisis Dinamis Keterkaitan Variabel yang Mempengaruhi Neraca Transaksi Berjalan Indonesia Tahun 2012

QE Journal article   Winta Ratna Sari

 


QE Journal article   FULL ARTICLE

June 2, 2012
© DRH2R - QE JOURNAL UNIMED 2015
Translate »