QE Journal

QEJ Vol. 02, No. 02, June 2013 


Pengantar Editorial

Edisi kali ini berisi tentang kajian Ekonomi Regional. Membahas tentang ketimpangan pembangunan, perdagangan antarwilayah, analisis kesetaran gender, dan determinan ekspor,. Artikel pertama, analisis pembangunan antar daerah di provinsi Sumatera Utara. Menggunakan tipologi Klassen dan dan LQ.

Artikel kedua membahas faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan antarwilayah di provinsi Sumatera Utara. Menggunakan model 2SLS, ditemukan bahwa Perdagangan antarprovinsi signifikan dipengaruhi oleh perbedaan harga ekspor antarprovinsi dan biaya transpor. Perbedaan harga ekspor antarprovinsi. Faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor antarprovinsi adalah perbedaan harga antarprovinsi (DHX), Biaya transportasi (BTR),dan dummy variabel. Sedangkan pendapatan provinsi lain tidak signifikan mempengaruhi ekspor antarprovinsi.

Artikel ketiga membahas topik kesetaraan gender dalam pertumbuhan pendapatan per kapita di Sumatera Utara. Menggunakan OLS, kajian ini menyimpulkan bahwa kesetaraan gender dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kesempatan kerja memiliki pengaruh positif terhadap pendapatan per kapita. Hasil penelitian ini memberi makna bahwa, mendorong kesetaraan antara kaum laki-laki dan kaum perempuan memberi kontribusi yang baik dalam meningkatkan pendapatan per kapita.

Artikel yang keempat tentang analisis determinan eskpor provinsi Sumatera Utara, menggunakan model Gravity menemukan bahwa PDB, jumlah penduduk, jarak, investasi asing langsung dan nilai tukar riil efektif berpengauh signifikan terhadap ekspor Sumatera Utara.

Semoga artikel ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas keilmuan dan semoga jurnal ini juga dpat berperan membantu dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan, yang bersumber dari hasil-hasil penelitian ataupun pemikiran para akademisi, praktisi dan contributor lainnya.

 

Salam Kemajuan,

Editor in Chief

 

Indra Maipita

 

 


DAFTAR ISI

The Gap Analysis of Development Between Regency or City in The Province of North Sumatra for The Period 2004-2008

QE Journal article   Muhammad Yusuf

 

Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan Antar Wilayah di Sumatera Utara

QE Journal article   Indra Maipita

 

Analisis Kesetaraan Gender dalam Pertumbuhan Pendapatan Perkapita di Sumatera Utara

QE Journal article   Elvina

 

Analisis Determinan Ekspor Provinsi Sumatera Utara: Pendekatan Gravity Model

QE Journal article  Efori Telaumbanua

 

 


 

QE Journal article   FULL ARTICLE

June 2, 2013
© DRH2R - QE JOURNAL UNIMED 2015
Translate »