QE Journal

QEJ Vol. 02, No. 03, Sept 2013 


Pengantar Editorial

Keempat artikel pada edisi ini dihasilkan oleh mahasiswa program pascasarjana Unimed, dan ini merupakan bahagian dari tugas akhir mereka.

Artikel pertama membahas tentang hubungan kausalitas sektor keuangan dengan pertumbuhan ekonomi. Menggunakan model VECM (Vector Error Correction Model), artikel ini berusaha untuk mengetahui hubungankausalitas antara sektor keuangan dengan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sektor pertanian merupakan tulang punggung bagi perekonomian kabupaten Langkat, karena lebih dari 50 persen perekonomiannya ditopang oleh sektor ini.

Artikel ketiga, membahas dampak kebijakan fiskal dan moneter terhadap perekonomian Indonesia. Menggunakan data tahun 2000 hingga 2012 dan menggunakan model IS-LM serta pendekatan two stage least square (2SLS)

Artikel terakhir membahas hubungan pertumbuhan ekonomi dengan ketimpangan dan distribusi pendapatan di Kabupaten tapanuli Utara. Kajian ini menemukan bahwa hipotesis Kuznet tentang kurva U terbalik tidak berlaku di Tapanuli Utara. Selain itu, PDRB tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat ketimpangan dan distribusi pendapatan di Tapanuli Utara.

Semoga artikel ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas keilmuan dan semoga jurnal ini juga dpat berperan membantu dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan, yang bersumber dari hasil-hasil penelitian ataupun pemikiran para akademisi, praktisi dan contributor lainnya.

 

Salam Kemajuan,

Editor in Chief

 

Indra Maipita

 

 


DAFTAR ISI

Analisis Hubungan Kausalitas Sektor Keuangan dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

QE Journal article   Hendra Kesuma

 

Analisis Sub Sektor Unggulan yang Berdaya Saing pada Sektor Pertanian di Kabupaten Langkat

QE Journal article   Muhammad Rif’an Harahap

 

Dampak Kebijakan Fiskal dan Moneter dalam Perekonomian Indonesia

QE Journal article   Ada Tua Pardamean

 

Analisis Ketimpangan Distribusi Pendapatan di Kabupaten Tapanuli Utara

QE Journal article   Kijo Sinaga

 

 


 

QE Journal article   FULL ARTICLE

September 3, 2013
© DRH2R - QE JOURNAL UNIMED 2015
Translate »