QE Journal

QEJ Vol. 03, No. 01, March 2014


Pengantar Editorial

Empat artikel yang diterbitkan pada nomor ini membahas seputar ekonomi makro dari berbagai sudut pandang variabel dan berbagai metode. Artikel pertama melakukan kajian mengenai Persistensi Inflasi dan nilai kontribusi PDB di Sumatera Utara. Menggunakan metode Autoregressive dan Vector Error Correction Model (VECM), ditemukan bahwa Suku Bunga secara signifikan mempengaruhi tingkat inflasi, sementara Produk Domestik Bruto Provinsi Sumatera Utara dan Nilai Tukar tidak signifikan berpengaruh terhadap tingkat inflasi. Sementara ECT menjadi koreksi signifikan terhadap tingkat inflasi variabel. Dimana bentuk koreksi kesalahan dalam ECM menunjukkan hubungan jangka panjang antara inflasi variabel, variabel PDB, nilai tukar variabel dan suku bunga variabel sebanding.

Artikel kedua mengulas tentang keterkaitan antara instrumen kebijakan moneter denga n nerac a pembayaran di Indonesia. Menggunakan SVAR dan IRF, ditemukan bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara instrumen kebijakan moneter dengan neraca pembayaran di Indonesia pada periode waktu penelitian.

Artikel Ketiga membahas faktor‐faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di Sumatera Utara. Menggunakan persamaan regresi liner ditemukan bahwa secara parsial bahwa PDRB dan inflasi tidak signifikan mempengaruhi penerapan tenaga kerja, sedangkan secara simultan, PDRB, inflasi, jumlah industri dan tingkat UMR berpengaruh terhadap tingkat penyerapan tenaga kerja.

Artikel keempat, mengulas tentang hubungan inflasi dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Menggunakan VAR ditemukan bahwa kurun waktu 1968‐ 2012 ditemukan bahwa korelasi antara inflasi dan pertumbuhan ekonomi adalah negatif.

Semoga artikel ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas keilmuan dan semoga jurnal ini juga dpat berperan membantu dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan, yang bersumber dari hasil‐hasil penelitian ataupun pemikiran para akademisi, praktisi dan kontributor lainnya.

 

Salam Kemajuan,

Editor in Chief

 

Indra Maipita

 

 


DAFTAR ISI

Inflation Persistence in North Sumatra Province

QE Journal article   Willy Julitawaty

 

Keterkaitan Instrumen Kebijakan Moneter dengan Neraca Pembayaran di Indonesia

QE Journal article   Indra Maipita

 

Analisis Faktor‐Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri di Sumatera Utara

QE Journal article   Dian Novianti Sitompul

 

Analisis Hubungan Antara Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi: Kasus Indonesia

QE Journal article   Ismail Fahmi Lubis

 

 


 

QE Journal article   FULL ARTICLE

March 1, 2014
© DRH2R - QE JOURNAL UNIMED 2015
Translate »