QE Journal

QEJ Vol. 03, No. 02, June 2014


Pengantar Editorial

Artikel pertama pada nomor ini membahas tentang dampak diberlakukannya pasar bebas antara ASEAN dengan China terhadap tingkat kesejahteraan rumah tangga di Indonesia. Kajian ini menggunakan model simulasi general equilibrium. Dari hasil simulasi ditemukan bahwa terjadinya pasar bebas berdampak terhadap peningkatan aktivitas ekonomi. Tingkat pendapatan rumahtangga di kota serta para pekerja terampil meningkat.

Ketahanan pangan telah menjadi fokus perhatian dari berbagai kalangan, bukan hanya di negara berkembang tetapi juga oleh berbagai badan dunia. Dengan melekatnya tanggung jawab ketahanan pangan kepada pemerintah, maka penting untuk memiliki instrumen yang mampu memberikan informasi akan aspek-aspek penyokong dalam menjaga ketahanan pangan di daerah. Artikel yang ke tiga ini membahas mengenai sistem peringatan dini ketahanan pangan daerah, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Artikel ketiga menganalisis tentang foreign direct investment (FDI) menggunakan model VAR. Bagaimana keterkaitan FDI dengan pertumbuhan ekonomi, perdagangan (trade), nilai tukar (exchange rate), Nilai output Industri, dan tingkat bunga di Indonesia. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang adanya hubungan yang saling terkait satu sama lain diantara variable yang dianalisis.

Berawal dari issurance of Law No 21 tahun 2008 tentang Islamic Banking, artikel terakhir dalam nomor ini mengkaji tentang struktur perbankan syariah di Indonesia. Kajian ini menemukan bahwa struktur industri perbankan syariah di Indonesia (hanya dengan Bank Umum Syariah) termasuk dalam struktur oligopoly ketat. Sedang, bila mengikutseratakan unit usaha syariah, maka termasuk dalam kategori pasar persaingan sempurna.

 

Semoga artikel ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas keilmuan.

 

Salam Kemajuan,

Editor in Chief

 

Indra Maipita

 

 


DAFTAR ISI

The Impact of Free Trade Between ASEAN and China On The Indonesian Households

QE Journal article   Indra Maipita

 

Sistem Peringatan Dini Ketahanan Pangan Daerah: Penatalaksanaan dan Pelibatan Seluruh Pemangku Kepentingan

QE Journal article   Lukman Hakim, Yosafat Hermawan Trinugraha, Mulyanto, Hery Sulistyo, Bambang Nugraha, Suryono

 

Var Model Untuk Analisis Foreign Direct Investment di Indonesia

QE Journal article   Dede Ruslan

 

Struktur Industri Perbankan Syariah di Indonesia

QE Journal article   Amir Machmud

 

 


 

QE Journal article   FULL ARTICLE

June 2, 2014
© DRH2R - QE JOURNAL UNIMED 2015
Translate »